10 Juli 2007

The Fifth Beatle

The Fifth Beatle

Istilah The Fifth Beatle atau beatle kelima adalah orang-orang yang berada dalam lingkaran terdekat dengan The Beatles, juga bisa dikatakan mempunyai peran besar didalam grup band ini. Mereka antara lain :

Pete Best

Randolph Peter Best (lahir 24 November 1941 di Madras, India) adalah drummer asli The Beatles. Pete Best adalah anak dari Mona Best, pemilik Liverpool's Casbah Club, di mana the Beatles bermain musik kadang-kadang, Best pertama diundang untuk bergabung pada 1959, kemudian bergabung kembali untuk residency mereka di Hamburg 19601961. Ia bertahan sampai sesudah audisi pertama mereka untuk EMI pada 1962, namun dipecat pada tanggal 16 Agustus dan digantikan oleh Ringo Starr, dari grup Rory Storm and the Hurricanes.

Stuart Sutcliffe

Stuart Fergusson Victor Sutcliffe (23 Juni 194010 April 1962) adalah seorang artis yang, sampai ketika meninggalnya yang secara tiba-tiba, berkarya dalam aliran Abstract Expressionism. Ia adalah pemain bass didalam The Beatles selama dua tahun, dan sering dikatakan sebagai pencipta nama tersebut (seperti band Buddy Holly The Crickets).Ia juga pacar dari Astrid Kisscher, pencipta tatanan rambut MopTop The Beatles. Ia kadang disebut sebagai "the fifth Beatle". Ia dilahirkan di Edinburgh, Scotland, dan dibesarkan di Huyton, Merseyside. Bersekolah di Prescot Grammar School, dan juga anak seorang guru.

Brian Epstein

Brian Samuel Epstein (19 September 193427 Agustus 1967) adalah seorang British businessman, paling dikenal sebagai manager The Beatles. Perannya dalam sukses awal mereka tidak dapat dipisahkan. Karena kemampuan entrepreneurial dan promotional Epstein, mereka melesat menjadi terkenal di seluruh dunia.

George Martin

Sir George Martin C. B. E. (lahir 3 Januari 1926) sering disebut sebagai "Beatle kelima", gelar yang diperolehnya karena menjadi produser dari hampir semua rekaman the Beatles. Untuk mengakui jasa-jasanya untuk industri musik dan budaya populer, ia dianugerahi gelar Commander of the British Empire. Ia juga adalah ayah dari produser Giles Martin.


Allen Klein

Allen Klein(lahir 18 Desember 1931) adalah seorang manajer bisnis. Ia paling dikenal sebagai manajer beberapa band rock and roll di tahun 1960-an.

Allen Klein dil ahirkan sebagai anak seorang tukang daging dari Budapest. Ibunya meninggal sebelum dia berusia satu tahun. Sebagai anak remaja ia mempunyai beberapa pekerjaan sambil pergi ke sekolah malam. Ia berbakat aritmetika dan lulus dari Upsala College, East Orange, New Jersey pada 1956. Ia menjadi akuntan untuk beberapa orang dalam dunia show-business dan mengaudisi perusahaan-perusahaan rekaman. Pada 1957 ia memulai bisnisnya, sebuah partnership dengan istrinya Betty. Beberapa tahun kemudian, ketika menghadiri suatu pernikahan, ia bertemu dengan penyanyi Bobby Darin. Ia membuat suatu usul yang berani – ia dapat memperoleh $100,000 dari perusahaan rekaman Darin. Darin mengizinkan Klein melihat catatan akuntansinya dan menerima cek tersebut, seperti dijanjikan. Pendekatan "no win, no fee" ini menjadi ciri khasnya. Perusahaan rekaman mulai menakuti dia, dan para selebriti mulai merekomendasikannya


Tidak ada komentar: